Rumah Mana Dari Adat Toraja

Tongkonan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Kata toraja berasal dari bahasa bugis, to riaja, yang berarti "orang yang berdiam di negeri atas". pemerintah kolonial belanda menamai suku ini toraja pada tahun 1909. suku toraja terkenal akan ritual pemakaman, rumah adat tongkonan dan ukiran kayunya. ritual pemakaman suku toraja merupakan peristiwa sosial yang penting, biasanya dihadiri oleh.

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu rumah mana dari adat toraja (saat ini sebagian tongkonan . More rumah adat toraja dari mana images. Aug 17, 2017 terletak di toraja utara, disini-lah kita bisa melihat rumah tongkonan dalam bentuk kawasan desa adat. ke'te kesu merupakan kompleks rumah . Oct 7, 2019 tongkonan memiliki banyak makna yang menjadi cerminan masyarakat tradisional toraja. inilah 5 fakta menarik terkait rumah adat toraja ini.

9 Rumah Adat Sulawesi Gambar Nama  Penjelasannya Lengkap
Nama Rumah Adat Toraja Dilengkapi Gambar Dan Penjelasan

Rumah adat tongkonan berasal dari mana ya? jawaban: rumah adat tongkonan berasal dari provinsi sulawesi selatan, tepatnya dari daerah toraja.. latar belakang pembuatan desain rumah ini berkaitan erat dengan falsafah dan kebudayaan masyarakat toraja, dimana desain dan arah juga tidak sembarangan. Mar 4, 2013 masyarakat toraja menganggap rumah tongkonan sebagai ibu, sedangkan alang sura (lumbung padi) sebagai bapak. tongkonan berfungsi . Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. berasal dari kata tongkon (artinya duduk bersama-sama).

Mar 12, 2017 tana toraja memiliki potensi wisata budaya dan peninggalan arsitektur nenek moyang mereka yang berupa rumah adat tongkonan. Rumah adat toraja oleh pak alex diposting pada april 20, rumah mana dari adat toraja 2020 pada kesempatan kali ini pengajar. ingin membagikan artikel tentang rumah adat toraja berikut adalah ulasannya: nama rumah adat toraja rumah adat toraja yang bernama rumah tongkonan kabarnya dipakai untuk menyimpan

Rumah Adat Tongkonan Asal Daerah Toraja Sulawesi Selatan

Rumah adat mandar merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sulawesi barat. rumah adat ini mempunyai arsitektur bangunan yang mirip dengan bangunan suku bugis dan suku toraja. ciri khas rumah adat ini adalah memiliki teras yang luas dan mempunyai anak tangga yang jumlahnya ganjil. selain itu sebagian besar struktur material bangunan. Rumah adat toraja atau yang biasa disebut dengan tongkonan, kata tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu menjadi tempat berkupulnya bangsawan toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi.

Rumah Adat Toraja Tongkonan Inspirasi Suatu Percikan

Rumah adat suku toraja mengalami perkembangan terus sampai kepada rumah yang dikenal sekarang ini. perkembangan itu meliputi penggunaan ruangan, pemakaian bahan, bentuk, sampai cara membangun. sampai pada keadaannya yang sekarang rumah adat suku toraja berhenti dalam proses perkembangan. Jan 9, 2018 pergi ke toraja rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi beragam kebudayaan yang ada di sana. salah satunya adalah rumah adat toraja . Rumah adat suku makassar, yang mana masyarakat makassar menyebut rumah tersebut dengan sebutan balla. rumah suku makassar berbentuk seperti panggung yang biasanya rumah mana dari adat toraja memiliki tinggin 3 meter dari tanah. rumah ini disangga dengan 5 kayu penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga lainnya ke arah samping. Desa adat dalam kompleks rumah adat terdapat beberapa tipe unit bangunan yang masingmasing mempunyai ukuran, bentuk dan lain-lain elemen arsitektural berbeda. secara garis besar, dari segi fungsinya, terdapat dua jenis bangunan adat berbeda. tongkonan atau rumah untuk tempat tinggal dalam arti tidur, makan, istirahat, di mana pada umumnya mempunyai tado'-tado' (teras depan), tado' (ruang….

Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental. Mungkin dari semua rumah adat di sulawesi, rumah tongkonan milik suku toraja inilah yang paling dikenal. atap rumahnya yang paling menonjol, yaitu berbentuk perahu yang terbuat dari susunan bambu. yang menjadi ciri khas dari rumah adat suku toraja ini adalah pada ujung atapnya terdapat kepala kerbau dan tanduknya dan tersusun memanjang ke atas. .

Rumah adat toraja dari daerah manakah, rumah adat toraja dari daerah mana, rumah adat toraja dari stik es krim, gambar rumah adat toraja, orang pertama yang mendesain rumah adat toraja, rumah adat toraja dan penjelasannya, rumah adat toraja tongkonan, foto rumah adat toraja, nama rumah adat toraja, jenis rumah adat toraja, rumah adat bali, rumah adat betawi, rumah adat kalimantan, rumah adat. Jan 27, 2017 tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua rumah mana dari adat toraja terukir di sana. Orang toraja sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. dan menjadi peradaban dunia dan sekelilingnya. misal dalam hal bahasa : orang palopo,orang enrekang,orang luwu hampir mirip. tetapi bahasa yg mereka gunakan bahasa adat sehari2. orang toraja mempunyai bahasa aluk todolo/ to mena'a dan dalam aspek rumah adat seperti mamasa. cek juga dia sundaland. Mar 12, 2019 rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara .

3. rumah adat tongkonan. rumah ini didirikan di atas tumpukan kayu dan rumah ini dihiasi dengan banyak ukiran warna merah, hitam dan kuning. bentuk atap dari rumah ini menjulang ke depan dan ke belakang pembangunan rumah ini adalah pekerjaan yang sangat melelahkan, biasanya dalam pembangunan rumah ini akan dibantu oleh keluarga besar. Rumah adat yang lain disebut banua pa'rapuan. yang dikatakan tongkonan di sillanan adalah rumah adat di mana turunannya memegang peranan dalam masyarakat adat setempat. keturunan dari tongkonan menggambarkan strata sosial masyarakat di sillanan. contoh tongkonan pangrapa' (kabarasan)/ pemegang kekuasaan pemerintahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Cirebon Adalah Adat

Gaming Kamar Tidur

Joglo Rumah Model Teras